Jumat, 14 April 2017

Urine Analyzer




Urine Analyzer
Prinsip penggunaan alat :
o   Pada saat memasukkan strip kedalam alat permukaan test pad yang berwarna harus menghadap keatas
o   Seluruh bagian test pad yang berwarna harus terkena urine
o   Setelah strip dicelupkan kedalam urine upayakan dikeringkan sedikit bagian bawah strip dengan tissue
Fungsi Urine Analyzer
·         Digunakan untuk mendapatkan hasil pengecekan urin dengan hasil yang lebih tepat
·         Digunakan untuk membaca dan mengevaluasi hasil dari Urine Test Strip (Contoh : Chemistrip 10MD, Chemistrip 7, dan Chemistrip 5 OB)
Keterangan : Strip digunakan untuk stip multiparameter penentuan berat jenis, pH, Leukosit, Nitrit, Protein, Glukosa, Keton, Urobilinogen, Bilirubin, dan Darah dalam Urine.
Cara kerja :
§  Strip uji di tempatkan pada baki geser, lalu motor penggerak bergerak kedalam alat pembaca
Analisa pada membaca referensi, diikuti oleh masing masing dari bagian uji pada strip. Alat pembaca berisi LED yang memancarkan cahaya pada berbagai macam panjang gelombang.

§  Pembacaan dilakukan secara “electro oplically” yang dilakukan sebagai berikut
o   LED memancarkan cahaya dari panjang gelombang yang ditetapkan kepermukaan tes pada sudut optimal. Lampu yang mengenai test zone (zon uji) terpantul secara propesional dengan warna yang dihasilkan pada test PAD dan di tangkap oleh Detektor
o   Sebuah phototransistor diposisikan tepat diatas zona uji. Phototransistor mengirimkan sebuah sinyal listrik analog ke A / D converter, yang berubah kebentuk digital.
o   Mikroprosessor kemudian mengkonfersi pembacaan digital menjadi nilai reflektansi relatif dengan mengacuh pada standar kalibrasi
o   Akhirnya, sistem membandingkan nilai reflektansi dengan batas jangkauan yang ditetapkan ( reflektansi nilai – nilai yang diprogram kedalam analisa untuk setiap parameter) dan output hasil semi – kuantitatif. Setiap pad test membaca photo metri cally sekitar 55 – 65 detik. Dalam saampel urine yang sangat basa, urine analyzer secara otomatis mengoreksi hasil test berat jenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makalah PCR

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Bioteknologi diartikan sebagai penerapan prinsip ilmu dan rekayasa dalam pemanfaatan mak...